SELAMAT DATANG DI BLOGNYA KANG AMRULLAH www.kangamrullah.blogspot.com

Jumat, 21 Desember 2012

HUKUM SEORANG WANITA ADZAN



iqomqh sunnah bagi wanita baik sholat sendiri atau jama'ah dengan catatan harus secara pelan yang sekiranya jama'ah wanita yg lain mendengarkanya. sedang Adzan Bagi wanita yang sholat sendiri atau jama'ah hukumnya tidak di sunahkan secara mutlaq .namun boleh atau tidak di makhruhkan adzan bagi wanita jika secara pelan sekiranya suaranya terdengar para jama'ah wanita dan tidak ada laki-laki lain (ajnabiyy)yang mendngar suaranya,jika demikian maka haram. iqomah di sunahkan bagi wanita yg sholat sendiri atau jama'ah wanita dengan secara pelan,sekiranya tidak ada laki-laki yang bukan muhrimnya mendengar suaranya. sedang jika wanita adzan maka hukumnya tidak di sunahkan secara mutlaq. kemudian jika wanita adzan untuk jama'ah wanita secara pelan,yang sekiranya para jama'ah mendengar adzanya maka hukumnya tidak di makhruhkan atau mubah,namun jika lebih dari itu hukumnya makruh,bahkan hukumnya haram jika ada laki-laki bukan muhrim (ajnabiy) mendengar adzanya. menurut imam bujairimi yang menuqil dari qoul mu'tamadnya imam romli,wanita yang adzan dengan mengeraskan suaranya yang melebihi dari sekiranya semuah jama'ah wanita mendengar walaupun tidak ada laki-laki lain (ajnabiyy) hukumnya haram karena mengeraskan suara adalah hanya untuk laki-laki,maka wanita yang adzan dengan mengeraskan suaranya termasuk tasyabuh terhadap laki-laki dan hal itu haram hukumnya. perbedaan antara adzan dan iqomah adalah:bahwa iqomah untuk membangkitkan jama'ah sebelum sholat di laksanakan yang tidak perlu dengan mengeraskan suaranya.sedang adzan untuk memberi tahupara jama'ah untuk sholat jama'ah yang membutuhkan mengeraskan suara.sedang perempun di kuatirkan timbulnya fitnah jika mengeraskan suaranya,begitu juga dengan banci (orang yang mempunyai kelamin dua/bukan bencong). (قوله وسن إقامة لأنثى)أي لنفسها وللنساء لا للرجال والخناثى ولايسن لها الأذان مطلقا والفرق بين اﻹقامة وبينه كما فى شرح المنهج أنها لاستنهاض الحاضرين فلا تحتاج الى رفع الصوت والأذان ﻹعلام الغائبين فيحتاج فيه الى الرفع والمرأة يخاف من رفع صوتها الفتنةوألحق بها الخنثى(قوله سرا)هذا إن لم تقم للنساء فإن أقامت لهن ترفع صوتها بقدر ما يسمعن إن لم يكن هناك غير محرم قال فى فتح الجواد وتقيم المرأة للنساء إن لم يسمع غيرالمحرم-الى أن قال-(قوله فإذا أذنت للنساء)مفرع على محذوف مفهوم مما قبله تقديره أما الأذان فلايندب للمرأة مطلقا فإن أذنت الخ وقوله للنساء خرج الرجال ولخناثى لو أذنت لهما لم يصح أذانها وأثمت لحرمة نظرهما اليهما-الى أن قال-وقوله سراالخ عبارة فتح الوهاب بقدر ما يسمعن لم يكره وكان ذكرالله أو فوقه كره بل حرم إن كان ثم أجنبي انتهى-الى أن قال-فقوله لم يكره لاينافي قولهم لايندب لها الأذان مطلقا لأن قولهم المذكور من حيث كونه أذانا وأيضا هو مع عدم الكراهة مباح لامندوب فلا تنافي-الى أن قال-(قوله أو جهرا حرم)أي فإن أذنت للنساء جهرا أي فوق ما يسمعنا حرم ووقيد الحرمة فى شرح الروض وفى المغني وفى التحفة بما إذا كان هناك أجنبي يسمع ونقل البجيرمي عن م ر ما نصه المعتمد الحرمة وإن لم يكن هناك أجنبي لأن رفع الصوت بالأذان من وظيفة الرجال ففى رفع صوتها به تشبه بالرجال وهو حرام انتهى إعانة الطالبين ج ١ ص ٢٣3
> iqomqh sunnah bagi wanita baik sholat sendiri atau jama'ah dengan catatan harus secara pelan yang sekiranya jama'ah wanita yg lain mendengarkanya. sedang Adzan Bagi wanita yang sholat sendiri atau jama'ah hukumnya tidak di sunahkan secara mutlaq .namun boleh atau tidak di makhruhkan adzan bagi wanita jika secara pelan sekiranya suaranya terdengar para jama'ah wanita dan tidak ada laki-laki lain (ajnabiyy)yang mendngar suaranya,jika demikian maka haram. iqomah di sunahkan bagi wanita yg sholat sendiri atau jama'ah wanita dengan secara pelan,sekiranya tidak ada laki-laki yang bukan muhrimnya mendengar suaranya. sedang jika wanita adzan maka hukumnya tidak di sunahkan secara mutlaq. kemudian jika wanita adzan untuk jama'ah wanita secara pelan,yang sekiranya para jama'ah mendengar adzanya maka hukumnya tidak di makhruhkan atau mubah,namun jika lebih dari itu hukumnya makruh,bahkan hukumnya haram jika ada laki-laki bukan muhrim (ajnabiy) mendengar adzanya. perbedaan antara adzan dan iqomah adalah:bahwa iqomah untuk membangkitkan jama'ah sebelum sholat di laksanakan yang tidak perlu dengan mengeraskan suaranya.sedang adzan untuk memberi tahupara jama'ah untuk sholat jama'ah yang membutuhkan mengeraskan suara.sedang perempun di kuatirkan timbulnya fitnah jika mengeraskan suaranya,begitu juga dengan banci (orang yang mempunyai kelamin dua/bukan bencONG PENDAPT KE DUA قوله وسن إقامة لأنثى)أي لنفسها وللنساء لا للرجال والخناثى ولايسن لها الأذان مطلقا والفرق بين اﻹقامة وبينه كما فى شرح المنهج أنها لاستنهاض الحاضرين فلا تحتاج الى رفع الصوت والأذان ﻹعلام الغائبين فيحتاج فيه الى الرفع والمرأة يخاف من رفع صوتها الفتنةوألحق بها الخنثى(قوله سرا)هذا إن لم تقم للنساء فإن أقامت لهن ترفع صوتها بقدر ما يسمعن إن لم يكن هناك غير محرم قال فى فتح الجواد وتقيم المرأة للنساء إن لم يسمع غيرالمحرم-الى أن قال-(قوله فإذا أذنت للنساء)مفرع على محذوف مفهوم مما قبله تقديره أما الأذان فلايندب للمرأة مطلقا فإن أذنت الخ وقوله للنساء خرج الرجال ولخناثى لو أذنت لهما لم يصح أذانها وأثمت لحرمة نظرهما اليهما-الى أن قال-وقوله سراالخ عبارة فتح الوهاب بقدر ما يسمعن لم يكره وكان ذكرالله أو فوقه كره بل حرم إن كان ثم أجنبي انتهى-الى أن قال-فقوله لم يكره لاينافي قولهم لايندب لها الأذان مطلقا لأن قولهم المذكور من حيث كونه أذانا وأيضا هو مع عدم الكراهة مباح لامندوب فلا تنافي-الى أن قال-(قوله أو جهرا حرم)أي فإن أذنت للنساء جهرا أي فوق ما يسمعنا حرم ووقيد الحرمة فى شرح الروض وفى المغني وفى التحفة بما إذا كان هناك أجنبي يسمع ونقل البجيرمي عن م ر ما نصه المعتمد الحرمة وإن لم يكن هناك أجنبي لأن رفع الصوت بالأذان من وظيفة الرجال ففى رفع صوتها به تشبه بالرجال وهو حرام انتهى إعانة الطالبين ج ١ ص ٢٣٣

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

dono ekting