Jumat, 21 Desember 2012
hukum mengucapkan slamt natal dan jual beli dgn non muslim
974. TASYABBUH : I. MENGUCAPKAN SELAMAT NATAL
a. Mengucapkan “Selamat Hari Natal” tidak diperbolehkan dengan berbagai pertimbangan :
• Terdapat unsur memuliakan terhadap Non-Muslim
• Akan menimbulkan persepsi positif terhadap akidah mereka kepada khalayak umum, akan tetapi jika sikap ini justru akan menimbulkan penilaian negative terhadap Islam dan juga di perlukan maka di perbolehkan mengucapkannya dengan syarat ucapan tersebut bukan dalam rangka memberikan penghormatan tetapi demi menampakkan keindahan dan cinta kasih dalam Islam.
b. Toleransi yang hanya sebatas dhahir artinya tidak sampai menimbulkan ekses menyukai serta tidak menimbulkan persepsi salah di kalangan orang awam.
REFERENSI :
1. Tafsiir al-Fakhr ar-Raazi I/1124
2. Fataawa Ibn Hajar al-Haytamy IV/238
3. Bariiqah Mahmuudiyyah II/354
4. Hasyiyah al-Jamal alaa al-Manhaj III/576
5 Tuhfah al-Muhtaj 40/259
ini link lebih jelasnya
http://www.piss-ktb.com/2012/02/974-tasyabbuh-i-mengucapkan-selamat.html
Mohon di koreksi dua ibaroh berikut ini :
(مسألة : ي) : حاصل ما ذكره العلماء في التزيي بزي الكفار أنه إما أن يتزيا بزيهم ميلاً إلى دينهم وقاصداً التشبه بهم في شعائر الكفر ، أو يمشي معهم إلى متعبداتهم فيكفر بذلك فيهما ، وإما أن لا يقصد كذلك بل يقصد التشبه بهم في شعائر العيد أو التوصل إلى معاملة جائزة معهم فيأثم ، وإما أن يتفق له من غير قصد فيكره كشد الرداء في الصلاة.
Bughyah al-Mustarsyidiin I/528
فالحاصل أنه إن فعل ذلك بقصد التشبه بهم في شعار الكفر كفر قطعاً أو في شعار العيد مع قطع النظر عن الكفر لم يكفر، ولكنه يأثم وإن لم يقصد التشبه بهم أصلاً ورأساً فلا شيء عليه
Kesimpulannya adalah :
1. Bila perbuatan tersebut dilakukan ada rasa senang dengan tujuan meniru mereka dalam rangka (ikut serta) syiar atas kekufuran mereka maka hukumnya kufur secara pasti
2. Bila bertujuan ikut meramaikan hari rayanya orang kafir (tanpa memandang kekufuran mereka) hukumnya berdosa
3. Bila tidak bertujuan seperti tersebut di atas hukumnya makruh
Fataawy Ibni Hajar alhaytamy VI/153
Wallaahu A’lamu bis shawaab
http://www.piss-ktb.com/2012/03/059-mengucapkan-selamat-hari-raya.html?m=1
7 jam yang lalu · Suka
Tulis komentar...
Opsi
Sasan Al G
nanyaaa.....
kl bersentuhan dgn babi ngepet yg basah gmn hukum fiqhnya? najis gakkk, dalilnya donggg..... :P
[pak admin, boleh dihapus]
Suka · · Ikuti Kiriman · 12 jam yang lalu
9 orang menyukai ini.
Lihat semua komentar (26)
Awan As-Safaritiyy Asy-syaikheriyy 1363. BABI JADI-JADIAN, NAJISKAH ?
>>Masaji Antoro
Wa'alaikumsalam.
Kalau memang babi tersebut benar-benar babi jadi-jadian, bukan babi asli maka tidak menjadikan najis mugholladzoh saat menyentuhnya karena bentuk aslinya adalah manusia....Lihat Selengkapnya
11 jam yang lalu · Suka
Sasan Al G yakannn najis2an
11 jam yang lalu · Suka
Awan As-Safaritiyy Asy-syaikheriyy Abdullah Afif nambah ta'bir sebagai bahan kajian:
وَوَقَعَ السُّؤَالُ عَمَّا لَوْ تَصَوَّرَ وَلِيٌّ بِصُورَةِ امْرَأَةٍ أَوْ مُسِخَ رَجُلٌ امْرَأَةً هَلْ يَنْقُضُ أَوْ لَا ؟ فَأُجِيبَ عَنْهُ : بِأَنَّ الظَّاهِرَ فِي الْأَوَّلِ عَدَمُ النَّقْضِ لِلْقَطْ...Lihat Selengkapnya
11 jam yang lalu · Suka
Umam Zein Sipp, yg di dokumen lebih sharih.
Kalau yang di Bajuri tentang janin berbentuk anjing dari hewan sembelihan yg halal. Yg menjadi i'tibar tetap pada hukum aslinya, kecuali pada bentuk manusia jadi-jadian maka khilaf. Wallahu a'lam.
11 jam yang lalu · Suka
Awan As-Safaritiyy Asy-syaikheriyy di qiyaskan dengan anjing yang lahir dari manusia maka di hukumi suci.
والمتولد بين كلبين نجس ولو كان على صورة الأدمي والمتولد بين أدمين طاهر ولو كان على صورة الكلب
fokus:...Lihat Selengkapnya
10 jam yang lalu · Suka
Awan As-Safaritiyy Asy-syaikheriyy Mas Ibnu Toha dan Mas Aslim Tas'ad Sie Pengajian
9 jam yang lalu · Suka
Ibnu Toha pertanyaan kok sama dg status Mbak Nabilah Az-Zahrah... ?
9 jam yang lalu · Suka
Awan As-Safaritiyy Asy-syaikheriyy satu orang mungkin.......
9 jam yang lalu · Suka
Aslim Tas'ad Sie Pengajian iyaa ya , sama koh
sasan al g ngepet kali
wkwkwkwkkk
8 jam yang lalu melalui seluler · Suka
Mohammad Alkaff
7 jam yang lalu · Suka
Tulis komentar...
Opsi
Status-Hamba Yang-Berselimu Dgn Noda-dosa
assalamuaikum
mau nanya kang ustad+nenk ustadzah
Jika Surga dan neraka Tak pernah ada masih kah kita sujud kepada-Nya
pertanya'an nya apakah kita hidup hanya mengharap surga atau karna takut neraka atau masihkah ada yg lain . Mohon penerang nya
Suka · · Ikuti Kiriman · 29 November pukul 12:23 melalui seluler
8 orang menyukai ini.
Lihat semua komentar (34)
Dadang Sulaiman lah neraka khan mahluk mas , masa kita ibadah takut sama mahluk bukan karena mengharapkan ridonya Allah ? , khan jadinya repot.
Kemarin jam 5:02 · Suka · 1
Hanya Ingin Ridlo Robby Dadang Sulaiman@ sampean gk takut ancaman Alloh itu ? itu perintah lo langsung dr Alloh, dan Ayat begitu banyak banget di Alquran.
Kemarin jam 5:05 melalui seluler · Suka · 1
Kang Fadeel Marzuq masuk kemana pun bila d barengi rahmat alloh enak. jadi carilah rohmat alloh.
Kemarin jam 5:06 melalui seluler · Suka · 1
Hanya Ingin Ridlo Robby Kang Fadeel Marzuq@Aku minta tanggapan dr Ancaman Alloh dlm ayat diatas, itu sudah bjewlas perintah Alloh, Amar wajib kang.
Kemarin jam 5:09 melalui seluler · Suka
Kang Fadeel Marzuq laa mathluba illalloh..itu yg paling bagus.
Kemarin jam 5:59 melalui seluler · Suka
PuTera Rimba Banua Sa-ijaan nyimak
22 jam yang lalu melalui seluler · Suka
Status-Hamba Yang-Berselimu Dgn Noda-dosa Baru di lihatt belum di bungkussssss
Nyimak
7 jam yang lalu melalui seluler · Suka
Irsyadul Amir Wahai tuhanku aku bukanlah ahli surga , tp diriku tidak kuat dg api neraka,
7 jam yang lalu melalui seluler · Suka
Status-Hamba Yang-Berselimu Dgn Noda-dosa Abu NawaS
......? Jdi gmn pendapatt Sampean Kang Ustdz Irsydul Amir
7 jam yang lalu melalui seluler · Suka
Irsyadul Amir Wah sya blum pntas dipanggil ustad kang.. Prsyaratan ustad sngat brat.. Sya blum kuat menyandangnya...
menurutku walaupun kehidupan kita didunia ini tak trlepas dri dosa tp kita hrus ttp mengharapkan yg baik2 saja.. N jngan pernah ptus asa dg rahmat alloh meskipun dlam keadaan sekritis apapun..
7 jam yang lalu melalui seluler · Suka
Tulis komentar...
Opsi
Masdar Ipnu
tlk mllui telpon???????
Suka · · Ikuti Kiriman · 11 jam yang lalu
Abdillah Al Athos menyukai ini.
Si Mbok Cah baGUS Masdar Ipnu>> Ini keterangannya:
TALAK : Talak Via SMS
Masaji Antoro...Lihat Selengkapnya
8 jam yang lalu · Suka
Tulis komentar...
Opsi
Dewi Kunti
assalamu alaikum ......
Ada pertanyaan dr tmnq, yg sejatinya dewi tak mengerti bagaimana proses mencuci dg mesin uap.
berikut pertanyaannya :
gmn hkumnya mencuci pakaian dg mesin uap dimana zaman skrg bnyak perusahaan laundry yg menggunakan mesin uap ?
alasannya ?
Suka · · Ikuti Kiriman · Kamis pukul 19:54
3 orang menyukai ini.
10 dari 56
Lihat Komentar Sebelumnya
Hasanul Zain Kalau menurut Pemahaman Saya Bersuci dengan Uap Tidak cukup/Suci sebab Uap tidak Menghasilkan Air yang Mengalir sehingga Najis yang ada di Tsaub/Baju tetap tidak bisa hilang.
Wallohu A'lamu Bis-syowab.
Kamis pukul 23:44 melalui seluler · Suka
Munawar Blehed misi asatid wal asatdah hati hati dlm mnentukan hukum aplgi hkum bsuci unt ibdah.. pada dibuka lgi kitab2 unt hati2
Kamis pukul 23:52 melalui seluler · Suka
Hasanul Zain Ip
Kemarin jam 5:25 melalui seluler · Suka
Abu Nawas sundul
Kemarin jam 6:37 melalui seluler · Suka
Diero de Syukro sundul..
Kemarin jam 7:22 melalui seluler · Suka
Awan As-Safaritiyy Asy-syaikheriyy sun
11 jam yang lalu · Suka
Hasanul Zain Bungkus
9 jam yang lalu melalui seluler · Suka
Awan As-Safaritiyy Asy-syaikheriyy bungkus....
sama tdak jika dengan hukum di jemur d teriknya matahari...?
9 jam yang lalu · Suka
Ibnu Toha bungkus....
contoh cebok' dengan batu (bukan dg air) asalkan bisa bersih kok suci..?
ويجوز أن يقتصر المستنجي على الماء، أو على ثلاثة أحجار ينقي بهن المحل إنْ حصل الإِنقاء بها؛
(FATHUL QORIB)
8 jam yang lalu · Suka · 1
Omar Faruq Mukhtarom sepengatauan aq mesen cuci itu tdk dengan uap.dengan air
8 jam yang lalu · Suka
Tulis komentar...
Opsi
Ivat Ae
Assalamu"alaikum..
Punten, bde naros..
Knp wanita tidak boleh mengumandangkan adzaan ??
Trmkss
Suka · · Ikuti Kiriman · 17 jam yang lalu melalui seluler
4 orang menyukai ini.
Carinsa Rezpecture Abiztt tidak boleh. harus cari orang laki-laki
15 jam yang lalu · Suka
Awan As-Safaritiyy Asy-syaikheriyy iqomqh sunnah bagi wanita baik sholat sendiri atau jama'ah dengan catatan harus secara pelan yang sekiranya jama'ah wanita yg lain mendengarkanya.
sedang Adzan Bagi wanita yang sholat sendiri atau jama'ah hukumnya tidak di sunahkan secara mutlaq .namun...Lihat Selengkapnya
9 jam yang lalu · Telah disunting · Suka
Khodim Piss-ktb II Pertanyaan:
Ivat Ae
Assalamu"alaikum..
Punten, bde naros..
Knp wanita tidak boleh mengumandangkan adzaan ??...Lihat Selengkapnya
11 jam yang lalu · Suka
Khodim Piss-ktb II ===================
(قوله وسن إقامة لأنثى)أي لنفسها وللنساء لا للرجال والخناثى ولايسن لها
الأذان مطلقا والفرق بين اﻹقامة وبينه كما فى شرح المنهج أنها لاستنهاض الحاضرين فلا تحتاج الى رفع الصوت والأذان ﻹعلام الغائبين فيحتاج فيه الى الرفع والمرأة يخاف من...Lihat Selengkapnya
6 jam yang lalu · Telah disunting · Suka
Khodim Piss-ktb II Bungkus
11 jam yang lalu · Suka
Awan As-Safaritiyy Asy-syaikheriyy afwan mas khodim sebenarnya ta'birnya cukup panjang..
namun saya ambil point2 yg penting saja......
11 jam yang lalu · Suka
Khodim Piss-ktb II Gpp Kg..
10 jam yang lalu · Suka
Abah Anom bisi pajarkeun ''lalaki islam kedulna kabina-bina, adzan-adzn wae ku awewe''
10 jam yang lalu melalui seluler · Suka
Awan As-Safaritiyy Asy-syaikheriyy afwan di atas banyak ibarot yang kurang hurufnya (ma'lum ngetik),tp sudah saya benarkan....
9 jam yang lalu · Suka
Tulis komentar...
Opsi
Nabilah Az-Zahrah
assalamu alaikum
babi jadi-jadian (babi ngepet) jika menjilat suatu benda apakah di hukumi najis mugholadzoh..?
Suka · · Ikuti Kiriman · Kemarin jam 2:41
Abdillah Al Athos menyukai ini.
Lihat semua komentar (24)
Hcaqiir Faqiir Nyengiir Bagmn kalw nyata (tdk ada syakk/keraguan), artinya bukan jadi2an. Misal ada orang durhaka kemudia sebagai akibatnya "Kutukan" dia berubah jadi anjing?
13 jam yang lalu melalui seluler · Telah disunting · Suka
Aslim Tas'ad Sie Pengajian sama saja, perhatikan makna MUSIKHO :
ﻣﺴﺦ :
1 - ﻣﺼﺪﺭ ﻣﺴﺦ .
2 - ﻣﻦ ﺣﻮﻟﺖ ﺻﻮﺭﺗﻪ ﺇﻟﻰ ﺻﻮﺭﺓ ﻗﺒﻴﺤﺔ ،...Lihat Selengkapnya
10 jam yang lalu melalui seluler · Suka
Ibnu Toha babi ngepet TIDAK NAJIS sebab hakikatnya bukan anjing/bukan keturunan anjing. hanya bentuknya saja seperti anjing.
ibarot :
فرع: سئل عما لو عض كلب رجلاً فخرج من فرجه حيوان صغير على صورة الكلب كما يقع كثيراً ، فهل هذا الحيوان نجس نظراً لصورته؟ وهل يجب...Lihat Selengkapnya
9 jam yang lalu · Suka
Aslim Tas'ad Sie Pengajian lha iki yg ditanyakan babi kutukan mbah
9 jam yang lalu melalui seluler · Suka
Aslim Tas'ad Sie Pengajian ini maksudnya anjing menggigit seseorang lalu dari farjinya keluar hewan kecil ,
gitu opo mbah ?
koq aneh ceritanya , malah banyak terjadi
...Lihat Selengkapnya
9 jam yang lalu melalui seluler · Suka
Ibnu Toha ga ada bedanya baik yg kutukan atau yg bukan kutukan fokusnya di "BUKAN KETURUNAN ANJING"
fokus ibarot :
لأنه لم يتولد من ماء الكلب
9 jam yang lalu · Suka · 1
Awan As-Safaritiyy Asy-syaikheriyy katanya sudah keluar,qo masih ada ea...??
9 jam yang lalu · Suka
Aslim Tas'ad Sie Pengajian mosok dicokot bisa meteng aso
9 jam yang lalu melalui seluler · Suka
Ibnu Toha itu banyak terjadi dulu (sungguhan atau cuma kabar-kabare) ga ada urusan, katanya banyak terjadi di negri-negri Syam, seng penting Fiqh telah menyikapi akan hukumnya :
ولو عض كلب رجلاً أو امرأة فخرج منه حيوان على صورة الكلب كما يقع كثيراً في بلاد الشام فلا غسل لأن هذا لا يسمى ولداً عرفاً كما لو خرج نحو دود من جوفه وذلك الحيوان طاهر لأنه لم يتولد من ماء الكلب
(AS-SYARWANI)
9 jam yang lalu · Suka
Awan As-Safaritiyy Asy-syaikheriyy anunya anjing nyokot farjinya manusia...
xixii
9 jam yang lalu · Suka
Tulis komentar...
Opsi
Muhammad Fachry Rafly
Assalamu'alaikum, afwan ada pertanyaan titipan dari grup fiqh kontemporer.
Apakah para nabi kelak juga menghadapi yaumul mizan/hisab ketika di padang masyar?
Syukron, mohon refrensinya.
Suka · · Ikuti Kiriman · 18 Desember pukul 5:19 melalui seluler
16 orang menyukai ini.
Lihat semua komentar (39)
Deo Pengen Thobat mnurut sy sah2 ditimbang bila alasanya karena dgn ditimbangnya tdk mengurangi sifat sidiq,amanah,tabligh,fathonah.
dan sah2 sj tdk ditimbang alasane sprti koment2 diatas..hari penghisapanya lum terjadi,,diperlukan dalil naqli.
wallahu a lam.
Nyimak lg..
Rabu pukul 9:39 melalui seluler · Suka
Muhammad Fachry Rafly Ya memang kelihatanx bgt. Tapi ada ayat qur'an yg mengatakan, nabi muhammad kelak akan menjadi saksi.
Rabu pukul 9:51 melalui seluler · Suka · 1
Putrie Jempali'an Ana nyimak juga...
Rabu pukul 9:55 melalui seluler · Suka
Deo Pengen Thobat Muhammad Fachry Rafly Ya memang kelihatanx bgt. Tapi ada ayat qur'an yg
mengatakan, nabi muhammad kelak akan menjadi
saksi.
.....................
Dalil ini menyangkut smua nabi tdk pak ustad?
Rabu pukul 10:14 melalui seluler · Suka · 1
Muhammad Fachry Rafly Tidak, cuma nabi muhammad. Sedangkan sy punya dalil dr ihya' di atas, utk semua nabi.
Rabu pukul 10:37 melalui seluler · Suka
Deo Pengen Thobat apa dalil alquran tersbut tdk bisa mnjadi rujukan sm2 punya gelar knabian atau rujukan gelar para rosul.
atau begini kanjeng nabi saw mjdi saksi sbagai umatnya begitu jg nabi sulaiman as mjdi saksi umatnya..mereka kan sm2 org terpilih walaupun sm derajatnya..mohon pencerahanya.
Rabu pukul 11:25 melalui seluler · Suka
Deo Pengen Thobat walaupun beda derajatny.mksudnya.
Rabu pukul 11:27 melalui seluler · Suka
Muhammad Fachry Rafly Wah, perlu buka tafsirnya itu. Pertanyaan yg bagus. Ntar kalau sy pulang, tak liate.
13 jam yang lalu melalui seluler · Suka · 1
Deo Pengen Thobat sipp..
10 jam yang lalu melalui seluler · Suka
Abah Anom .
10 jam yang lalu melalui seluler · Suka
Tulis komentar...
Opsi
Hakam Ahmed ElChudrie
statmen menarik yang sangat saya suka dari Yusuf Qardhawi mengenai PERKAWINAN BEDA AGAMA.....
ALANGKAH LEBIH BAIKNYA BILA PERKAWINAN BEDA AGAMA, DENGAN WANITA KAFIR KITABI, ITU DILARANG.........
Suka · · Ikuti Kiriman · 14 jam yang lalu
6 orang menyukai ini.
Lihat semua komentar (19)
Hakam Ahmed ElChudrie nah.....
wanita yang muslimah saja sudah begitu apalagi yang kitabiyyah.....
selain itu ada syarat2 khusus tentang kebolehan menikahi kitabiyyah...
13 jam yang lalu · Suka
Dheewie AL HA zaman berubah,masa hukum syariat juga berubah ya?!
13 jam yang lalu melalui seluler · Suka
Hakam Ahmed ElChudrie تغير الأحكام بتغير الأزمان و الأمكان
13 jam yang lalu · Suka
NaufalAlbarinji Sebuah ManuskripKehidupan za kalau syrat khususnya ada.......... namanya muslim kalau mmlih seorang kitabiyyah........ ibarat mmbangun mahligai diatas perbedaan kalau g sama2 mnghrgai saya kira gag akan trjadi...........
13 jam yang lalu · Suka
Awan As-Safaritiyy Asy-syaikheriyy 083. NIKAH : Menikah Beda Agama
Mbah Jenggot
A.Nikah antara Muslim dengan Kafir Musyrik
Allah ta'ala berfirman:...Lihat Selengkapnya
13 jam yang lalu · Suka · 1
Hakam Ahmed ElChudrie nah, ini salah satu syarat yang sangat saya suka...
ان تكون عفيفة محصنة فإن الله لم يبح كلل كتابية بل قيد في آياته الإباحة نفسها بالإحصان حيث قال (و المحصنات من الذين أوتوا الكتاب) قال ابن كثير و الظاهر أن المراد بالمحصنات العفيفات عن الزنى كما في الآ...Lihat Selengkapnya
13 jam yang lalu · Suka · 1
Hakam Ahmed ElChudrie nah ini alasan kenapa Islam memberi kelonggaran pernikahan muslim dengan kitabiyyah..
إن الإسلام حين رخص في الزواج من الكتابيات راعى أمرين:
1. أن الكتابية ذات دين سماوي في الأصل في تشترك مع المسلم في الإيمان بالله و برسالاته و بالدار الآخرة و بالقيم ا...Lihat Selengkapnya
13 jam yang lalu · Suka
Nandalia Chubi Syekh Mahmud Syaltut dalam Kitab Al-Fataawaanya mengomentari pendapat jumhur ulama yg memperbolehkan lelaki muslim kawin dgn perempuan ahli-kitab, menyatakan bahwa pendapa itu dasar pokoknya adalah prinsip agama yg fitri, yaitu bahwa dalam keluarga, pi...Lihat Selengkapnya
11 jam yang lalu melalui seluler · Suka
Munawar Blehed numpang argumen
dahulu orang muslim diperbolehkan mnikah dngn wanita kitabi krn kitab2 ny msh asli tidk unt skrng
11 jam yang lalu melalui seluler · Suka · 1
Awan As-Safaritiyy Asy-syaikheriyy Berdasarkan ayat ini dan dalil-dalil yang lain, mayoritas para ulama berpendapat bolehnya pernikahan antara seorang laki-laki muslim dengan perempuan Ahli Kitab, yahudi dan nasrani saja [5]. Hanya saja menurut Imam Syafi'i Perempuan Ahli Kitab yang dim...Lihat Selengkapnya
11 jam yang lalu · Suka
Tulis komentar...
Opsi
Masdar Ipnu
gmn hkm ngucapin selamt ke orng nasrani apalagi klu hari besarnya .... mhn bntuany beserta dasarnya ?????
Suka · · Ikuti Kiriman · 11 jam yang lalu
Abdillah Al Athos menyukai ini.
Sasan Al G doc.
11 jam yang lalu · Suka
Awan As-Safaritiyy Asy-syaikheriyy 974. TASYABBUH : I. MENGUCAPKAN SELAMAT NATAL
Kamis, 09 Februari 20120 komentar
Setiap bulan Desember umat Nasrani merayakan hari raya agama mereka, yaitu Hari Natal yang jatuh pada tanggal 25 Desember, beberapa sudut pertokoan mulai ramai dengan hias...Lihat Selengkapnya
11 jam yang lalu · Suka · 1
Awan As-Safaritiyy Asy-syaikheriyy next
باب الردة
وسئل رحمه الله تعالى ورضي عنه هل يحل اللعب بالقسي الصغار التي لا تنفع ولا تقتل صيد إبل أعدت للعب الكفار وأكل الموز الكثير المطبوخ بالسكر وإلباس الصبيان الثياب الملونة بالصفرة تبعاً لاعتناء الكفرة بهذه في بعض أعيادهم وإعطاء الأثواب والم...Lihat Selengkapnya
11 jam yang lalu · Suka · 1
Awan As-Safaritiyy Asy-syaikheriyy next
وَعَنْ شَرْحِ الْكَرْمَانِيِّ عَنْ النَّوَوِيِّ أَنَّ هَذِهِ الْقِطْعَةَ مُشْتَمِلَةٌ عَلَى جُمَلٍ مِنْ الْقَوَاعِدِ مِنْهَا اسْتِحْبَابُ تَصْدِيرِ الْكُتُبِ بِالْبَسْمَلَةِ ، وَإِنْ كَانَ الْمَبْعُوثُ إلَيْهِ كَافِرًا وَمِنْهَا سُنِّيَّةُ الِابْ...Lihat Selengkapnya
11 jam yang lalu · Suka
Sasan Al G bgmn hukumnya mengucapkan selamat pd pernikahan non muslim ?
11 jam yang lalu · Suka
Awan As-Safaritiyy Asy-syaikheriyy buat wall baru mpok
11 jam yang lalu · Suka · 1
Tulis komentar...
Opsi
Kiriman Terdahulu
1194. JUAL BELI DENGAN NON MUSLIM
>> Masaji Antoro
2216- حدثنا أبو النعمان حدثنا الفاء بن سليمان عن أبيه عن أبي عثمان عن عبد الرحمن بن أبي بكر رضي الله عنهما قال ثم كنا مع النبي صلى الله عليه وسلم ثم جاء رجل مشرك بغنم يسوقها فقال النبي صلى الله عليه وسلم بيعا أم عطية أو قال أم هبة قال لا بل بيع فاشترى منه شاة "[الحديث 2216- طرفاه في: 2618، 5382]قوله: "باب الشراء والبيع مع المشركين وأهل الحرب" قال ابن بطال: معاملة الكفار جائزة، إلا بيع ما يستعين به أهل الحرب على المسلمين.
Dari Abdurrahman Bin Abu Bakar ra, ia berkata “Kemudian kami bersama baginda nabi Shallallaahu alaihi wasallam kemudian datanglanglah lelaki musyrik dengan menuntun kambing, Nabi bertanya : (Kambing ini engkau) jual atau berikan ? (atau Nabi bertanya, atau kau hibahkan ?), lelaki tersebut menjawab, dijual.Kemudian nabi membeli darinya seekor kambing.(Keterangan jual beli dengan orang-orang musyrik dan kafir harb (kafir yang sedang berperang dengan orang-orang muslim), Ibn Batthaal berkata “Mengadakan transaksi dengan orang-orang non muslim diperbolehkan kecuali menjual alat-alat yang digunakan untuk memerangi orang-orang muslim”.
Fath al-Baari IV/410
>> Khodim Piss-ktb
Menurut Imam Abu Hanifah dalam kitab mabsuth Boleh :
وقد كان حذيفة ـ رضي الله عنه ـ ممن يستعمل التقية، على ما روي أنه يداري رجلاً، فقيل له: إنك منافق، فقال: لا، ولكني أشتري ديني بعضه ببعض، مخافة أن يذهب كله، وقد ابتلى «ببعض ذلك في زمن رسول الله ـ صلى الله عليه وسلّم ـ على ما روي أن المشركين أخذوه، واستحلفوه على أن لا ينصر رسول الله في غزوة، فلما تخلص منهم جاء إلى رسول الله ـ صلى الله عليه وسلّم ـ وأخبره بذلك، فقال ـ عليه الصلاة والسلام ـ: «أوف لهم بعهدهم، ونحن نستعين بالله عليهم» .وذكر عن مسروق ـ رحمه الله ـ قال: بعث معاوية ـ رضي الله عنه ـ بتماثيل من صفر، تباع بأرض الهند، فمر بها على مسروق ـ رحمه الله ـ قال: والله لو أني أعلم أنه يقتلني لغرقتها، ولكني أخاف أن يعذبني، فيفتنني، والله لا أدري أي الرجلين، معاوية رجل قد زين له سوء عمله، أو رجل قد يئس من الآخرة، فهو يتمتع في الدنيا، وقيل: هذه تماثيل كانت أصيبت في الغنيمة، فأمر معاوية ـ رضي الله عنه ـ ببيعها بأرض الهند ليتخذ بها الأسلحة، والكراع للغزاة، فيكون دليلاً لـأبي حنيفة ـ رحمه الله ـ في جواز بيع الصنم. والصليب ممن يعبده ، كما هو طريقة القياس.وقد استعظم ذلك مسروق ـ رحمه الله ـ كما هو طريق الاستحسان الذي ذهب إليه أبو يوسف ومحمد ـ رحمهما الله ـ في كراهة ذلك.
فيكون دليلاً لـأبي حنيفة ـ رحمه الله ـ في جواز بيع الصنم. والصليب ممن يعبده ، كما هو طريقة القياس.
Maka hal itu menjadi dalil bagi Abu Hanifah rohimahulloh pada bolehnya menjual patung dan salib bagi orang yang menyembahnya, sebagaimana itu merupakan jalan analogi / qiyas
Tidak boleh menurut imam ibnu hajar (syafi'iyyah) dalam kitab tuhfatul muhtaj syarh minhaj :
(وَلا) بَيْعُ (حَبَّتَيْ) نَحْوِ (الْحِنْطَةِ) أَوْ الزَّبِيبِ وَنَحْوِ عِشْرِينَ حَبَّةَ خَرْدَلٍ وَغَيْرِ ذَلِكَ مِنْ كُلِّ مَا لا يُقَابَلُ بِمَالٍ عُرْفًا فِي حَالَةِ الاخْتِيَارِ لانْتِفَاءِ النَّفْعِ بِذَلِكَ لِقِلَّتِهِ وَمِنْ ثَمَّ لَمْ يُضْمَنْ, وَإِنْ حَرُمَ غَصْبُهُ وَوَجَبَ رَدُّهُ وَكَفَرَ مُسْتَحِلُّهُ وَعَدُّهُ مَالا يَضُمُّهُ لِغَيْرِهِ أَوْ لِنَحْوِ غَلاءٍ لا أَثَرَ لَهُ كَالاصْطِيَادِ بِحَبَّةٍ فِي فَخٍّ (وَآلَةِ اللَّهْوِ) الْمُحَرَّمِ كَشَبَّابَةٍ وَطُنْبُورٍ وَصَنَمٍ وَصُورَةِ حَيَوَانٍ وَلَوْ مِنْ ذَهَبٍ وَكُتُبِ عِلْمٍ مُحَرَّمٍ إذْ لا نَفْعَ بِهَا شَرْعًا نَعَمْ يَصِحُّ بَيْعُ نَرْدٍ صَلَحَ مِنْ غَيْرِ كَبِيرِ كُلْفَةٍ فِيمَا يُظْهِرُ بَيَادِقَ لِلشِّطْرَنْجِ كَجَارِيَةِ غِنَاءٍ مُحَرَّمٍ وَكَبْشٍ نَطَّاحٍ, وَإِنْ زِيدَ فِي ثَمَنِهِمَا لِذَلِكَ ; لأَنَّ الْمَقْصُودَ أَصَالَةً الْحَيَوَانُ
http://www.piss-ktb.com/2012/02/1194-jual-beli-dengan-non-muslim.html
jawabn
didokumen yg sdh antum diskusikan,, dlm permasalahan hukum mengucapkan selamat natal,,
disitu tertulis "akan tetapi jika sikap ini justru akan
menimbulkan penilaian negative terhadap
Islam dan juga di perlukan maka di
perbolehkan mengucapkannya dengan syarat
ucapan tersebut bukan dalam rangka
memberikan penghormatan tetapi demi
menampakkan keindahan dan cinta kasih
dalam Islam",,
dgn referensi dari kitab " ﺑﺮﻳﻘﺔ ﻣﺤﻤﻮﺩﻳﺔ",,
yg isinya :
ﻭَﻋَﻦْ ﺷَﺮْﺡِ ﺍﻟْﻜَﺮْﻣَﺎﻧِﻲِّ ﻋَﻦْ ﺍﻟﻨَّﻮَﻭِﻱِّ ﺃَﻥَّ ﻫَﺬِﻩِ ﺍﻟْﻘِﻄْﻌَﺔَ ﻣُﺸْﺘَﻤِﻠَﺔٌ ﻋَﻠَﻰ
ﺟُﻤَﻞٍ ﻣِﻦْ ﺍﻟْﻘَﻮَﺍﻋِﺪِ ﻣِﻨْﻬَﺎ ﺍﺳْﺘِﺤْﺒَﺎﺏُ ﺗَﺼْﺪِﻳﺮِ ﺍﻟْﻜُﺘُﺐِ ﺑِﺎﻟْﺒَﺴْﻤَﻠَﺔِ ،
ﻭَﺇِﻥْ ﻛَﺎﻥَ ﺍﻟْﻤَﺒْﻌُﻮﺙُ ﺇﻟَﻴْﻪِ ﻛَﺎﻓِﺮًﺍ ﻭَﻣِﻨْﻬَﺎ ﺳُﻨِّﻴَّﺔُ ﺍﻟِﺎﺑْﺘِﺪَﺍﺀِ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤَﻜْﺘُﻮﺏِ
ﺑِﺎﺳْﻢِ ﺍﻟْﻜَﺎﺗِﺐِ ﺃَﻭَّﻟًﺎ ﻭَﻟِﺬَﺍ ﻛَﺎﻥَ ﻋَﺎﺩَﺓُ ﺍﻟْﺄَﺻْﺤَﺎﺏِ ﺃَﻥْ ﻳَﺒْﺪَﺀُﻭﺍ
ﺑِﺄَﺳْﻤَﺎﺋِﻬِﻢْ ﻭَﺭَﺧَّﺺَ ﺟَﻤَﺎﻋَﺔٌ ﺍﻟِﺎﺑْﺘِﺪَﺍﺀَ ﺑِﺎﻟْﻤَﻜْﺘُﻮﺏِ ﺇﻟَﻴْﻪِ ﻛَﻤَﺎ ﻛَﺘَﺐَ ﺯَﻳْﺪُ
ﺑْﻦُ ﺛَﺎﺑِﺖٍ ﺇﻟَﻰ ﻣُﻌَﺎﻭِﻳَﺔَ ﻣُﺒْﺘَﺪِﺋًﺎ ﺑِﺎﺳْﻢِ ﻣُﻌَﺎﻭِﻳَﺔَ ﻭَﺃَﻧَﺎ ﺃَﻗُﻮﻝُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﻳْﻀًﺎ
ﺍﺳْﺘِﺤْﺒَﺎﺏُ ﺗَﻌْﻈِﻴﻢِ ﺍﻟْﻤُﻌَﻈَّﻢِ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﻭَﻟَﻮْ ﻛَﺎﻓِﺮًﺍ ﺇﻥْ ﺗَﻀَﻤَّﻦَ
ﻣَﺼْﻠَﺤَﺔً ﻭَﻓِﻴﻪِ ﺃَﻳْﻀًﺎ ﺇﻳﻤَﺎﺀٌ ﺇﻟَﻰ ﻃَﺮِﻳﻖِ ﺍﻟﺮِّﻓْﻖِ ﻭَﺍﻟْﻤُﺪَﺍﺭَﺍﺓِ ﻟِﺄَﺟْﻞِ
ﺍﻟْﻤَﺼْﻠَﺤَﺔِ ﻭَﻓِﻴﻪِ ﺃَﻳْﻀًﺎ ﺟَﻮَﺍﺯُ ﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡِ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻜَﺎﻓِﺮِ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟِﺎﺣْﺘِﻴَﺎﺝِ ﻛَﻤَﺎ
ﻧُﻘِﻞَ ﻋَﻦْ ﺍﻟﺘَّﺠْﻨِﻴﺲِ ﻣِﻦْ ﺟَﻮَﺍﺯِﻩِ ﺣِﻴﻨَﺌِﺬٍ ؛ ﻟِﺄَﻧَّﻪُ ﺇﺫًﺍ ﻟَﻴْﺲَ ﻟِﻠﺘَّﻮْﻗِﻴﺮِ ﺑَﻞْ
ﻟِﻠْﻤَﺼْﻠَﺤَﺔِ ﻭَﻟِﺈِﺷْﻌَﺎﺭِ ﻣَﺤَﺎﺳِﻦِ ﺍﻟْﺈِﺳْﻠَﺎﻡِ ﻣِﻦْ ﺍﻟﺘَّﻮَﺩُّﺩِ ﻭَﺍﻟِﺎﺋْﺘِﻠَﺎﻑِ ﻭَﻓِﻴﻪِ
ﺃَﻳْﻀًﺎ ﺃَﻧَّﻪُ ﻟَﺎ ﻳَﺨُﺺُّ ﺑِﺎﻟْﺨِﻄَﺎﺏِ ﻓِﻲ ﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡِ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻜَﺎﻓِﺮِ ﻭَﻟَﻮْ ﻟِﻤَﺼْﻠَﺤَﺔٍ
ﺑَﻞْ ﻳَﺬْﻛُﺮُ ﻋَﻠَﻰ ﻭَﺟْﻪِ ﺍﻟْﻌُﻤُﻮﻡِ ﻭَﻓِﻴﻪِ ﺃَﻳْﻀًﺎ ﺃَﻧَّﻪُ ، ﻭَﺇِﻥْ ﺭَﺃَﻯ ﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡَ
ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻜَﺎﻓِﺮِ ، ﻭَﻟَﻜِﻦْ ﻟَﻢْ ﻳَﺮِﺩْ ؛ ﻟِﺄَﻧَّﻪُ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺒَﺎﻃِﻦِ ﻭَﺍﻟْﺤَﻘِﻴﻘَﺔِ ﻟَﻴْﺲَ ﻟَﻪُ
ﺑَﻞْ ﻟِﻤَﻦْ ﺍﺗَّﺒَﻊَ ﺍﻟْﻬُﺪَﻯ ﻭَﻇَﺎﻫِﺮٌ ﺃَﻧَّﻪُ ﻟَﻴْﺲَ ﻟَﻪُ ﺗَﺒَﻌِﻴَّﺔُ ﻫُﺪًﻯ ﺑَﻞْ ﻓِﻴﻪِ
ﺇﻏْﺮَﺍﺀٌ ﻋَﻠَﻰ ﺩَﻟِﻴﻞِ ﺍﺳْﺘِﺤْﻘَﺎﻕِ ﺍﻟﺪُّﻋَﺎﺀِ ﺑِﺎﻟﺴَّﻠَﺎﻡِ ﻣِﻦْ ﺗَﺒِﻴﻌَﺔِ ﺍﻟْﻬُﺪَﻯ
-----------------------
yg mau ana tanyaken kpd antum "KENAPA BISA UCAPAN SELAMAT NATAL DIKATEGORIKAN DLM IBAROH DIATAS,,???,,
YG PADAHAL UCAPAN SELAMAT NATAL ITU ADALAH TA'DHIM KPD AGAMA NASHORO & SECARA TIDAK LANGSUNG SI PENGUCAP SELAMAT MENGAKUI DGN KELAHIRAN NABI ISA PADA TGL ITU & SECARA TIDAK LANGSUNG MEMPERBESAR SYI'AR AGAMA MEREKA (NASHORO),,
BAGAIMANA BISA TIMBUL MASLAHAT JIKA AKIBATNYA DEMIKIAN ....???"
jawabn
Mumu Bsa
antum mengarahkan ibaroh dibawah kpd tahni'ah,, darimananya,, ???
coba diperjelas,,,,^^
قال المظهر فيه دليلٌ على أن تعظيم النيروز والمهرجان وغيرهما أي من أعياد الكفار منهي عنه، قال أبو حفص الكبير الحنفي : من أهدى في النيروز بيضةً إلى مشركٍ تعظيماً لليوم فقد كفر بالله تعالى، وأحبط أعماله، وقال القاضي أبو المحاسن الحسن بن منصور الحنفي من اشترى فيه شيئاً لم يكن يشتريه في غيره، أو أهدى فيه هدية إلى غيره فإن أراد بذلك تعظيم اليوم كما يعظمه الكفرة فقد كفر، وإن أراد بالشراء التنعم والتنزه، وبالاهداء التحاب جرياً على العادة لم يكن كفراً لكنه مكروهٌ، كراهة التشبه بالكفرة [حينئذ] فيحترز عنه. [اهـ]
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar